Posts

10 Perusahaan Pelayaran Pengiriman Container Terbesar di Dunia

Image
Kontainer  merupakan sarana terpenting dalam pengiriman barang melalui kapal,yaitu sebagai sarana atau tempat yang digunakan untuk menyimpan barang ketika barang akan di kirim baik export maupun import menggunakan Kapal Laut, orang-orang juga sering menyebutnya dengan peti kemas. Hal ini dikarenakan dengan adanya container menjadikan barang yang dikirim semakin aman, berbeda dengan cargo yang memungkinkan terdapat resiko hilang atau basah atau rusak, namun dengan container akan semakin terjamin keamananya. Dengan demikian banyak sekali perusahaan kapal container di berbagai negara dan bahkan di Indonesia. Namun dengan sekian banyaknya perusahaan kapal container dan begitu ketatnya persaingan namun terdapat perusahaan-perusahaan yang maju pesat dan menjadi perusahaan terbesar di dunia diantaranya sebagai berikut : 1 . NYK  : NYK adalah singkatan dari Nippon Yusen Kabushiki Kaisha , NYK adalah salah satu perusahaan kargo terbesar yang beroperasi secara internasional .( sering kan kita

Rute Distribusi Logistik di Tanah Papua

Image
Konsep Pulau Biak sebagai kota jasa di Tanah Papua, sangat strategis karena pulau tersebut terletak di wilayah pasifik sehingga letak geografis tersebut membuat pulau biak sangat memungkinkan untuk dijadikan pusat distribusi logistik ke seluruh wilayah Papua lainnya, baik melalui transportasi laut maupun transportasi udara seperti halnya Singapura. Pulau Biak pada saat perang dunia ke II digunakan oleh Jepang dan Amerika serikat sebagai pangkalan militernya, karena pulau tsb sangat strategis dari sisi geografisnya, untuk itu memasuki era perdagangan Asia Pacific tahun 2020 mendatang, P'Biak bisa dijadikan MidPoint Logistic untuk export dan import barang2 dari wilayah AS dan Pacific.

Pelindo IV Benahi Pelabuhan di Indonesia Timur

Image
MAKASSAR, KOMPAS.com -- PT Pelindo IV menyiapkan investasi Rp 500 miliar untuk membenahi 10 pelabuhan di wilayah Indonesia timur tahun ini. Sebanyak Rp 150 miliar di antaranya dialokasikan untuk meningkatkan kapasitas terminal bongkar muat di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan. Sekretaris Perusahaan PT Pelindo IV, Edy Djoni Nursewang, Sabtu (28 /1/2012), mengemukakan bahwa alokasi dana itu akan digunakan untuk menambah fasilitas alat pengangkut (grab) dan alat pengemas (hopper) di terminal bongkar muat. Selama ini Pelabuhan Makassar hanya memiliki masing empat unit alat pengangkut dan pengemas untuk melayani 15 kapal yang bersandar setiap hari. Minimnya fasilitas itu membuat terminal hanya mampu melayani proses bongkar muat sebanyak 1.500 ton muatan per hari. Proses bongkar muat kapal pengangkut 40.000 ton pupuk urea milik PT Pupuk Kaltim, misalnya, membutuhkan waktu hampir satu bulan. Menurut Edy, pihaknya menyiapkan biaya Rp 40 miliar untuk membeli berbagai fasilitas pen

Warehouse Management

Image
Warehouse merupakan mata rantai terakhir dari proses logistik. Di sini tempat barang disimpan dan tempat transaksi terakhir sebelum barang digunakan oleh end user. Kegiatan utama dalam sebuah warehouse adalah penerimaan (receiving), penyimpanan (storing), dan pengeluaran barang ke end user atau warehouse lain (issuing and transferring). Agar warehouse dapat berfungsi secara efisien, maka penempatan barang harus dibuat secara baik. Penempatan barang yang baik akan menentukan media simpan, desain rak, dan bagaimana barang tersebut akan diambil. Dengan menentukan ini, perputaran barang akan dapat diatur secara baik , menggunakan sistem FIFO (first in first out) atau LIFO (Last In First Out),  yang akan meningkatkan produktifitas. Aktivitas Warehousing 5 R Inventory Management Dead Stock Management Stock Opname Sistem Pengendalian Inventory/PO Management Sistem FIFO

Inilah 8 Permasalahan Logistik Nasional

Image
Jakarta - Ada delapan poin yang diharapkan Kamar dagang dan industri (Kadin) Indonesia untuk dapat direspons dan ditindaklanjuti terkait permasalahan sistem logistik nasional (sislognas). Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Natsir Mansyur pada acara Indonesian Summit Logistic (ISL) 2011 di Jakarta Convention Centre Jakarta, Jumat (11/11). "Ada delapan poin yang diharapkan oleh Kadin Indonesia untuk dapat diproses dan ditindaklanjuti mengenai permasalahan sislognas," ujarnya.

Boediono Minta BUMN Ikut Bereskan Masalah Logistik

Image
Jakarta -Wakil Presiden Boediono meminta peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membenahi masalah logistik nasional. Selama ini sistem logistik Indonesia belum mampu mengintegrasikan secara efisien ekonomi nasional. "Oleh sebab itu menteri BUMN saya harapkan bisa melihat tema-tema besar apa yang bisa dilakukan. Untuk meningkatkan kapasitas logistik nasional. BUMN kita perlu mobilisasikan dari pada diarahkan untuk sepotong-sepotong proyek investasi yang mungkin tak bermuara pada tema besar yang mempunyai manfaat besar lebih baik bersama-sama," kata Boediono di acara Indonesia Logistics Summit (ILS) 2011 di JCC, Jakarta, Kamis (10/11/2011)

Masalah Transportasi Menghantui Pemain Logistik

Image
Bisnis logistik pada dasarnya bergantung pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bila GDP naik, pemain industri logistik pun turut berbahagia. Meski nilai pasar jasa logistik diperkirakan Rp 1.000 triliun, masalah transportasi tetap menjadi halangan utama. Pernyataan tersebut diungkapkan Wakil Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Mahendra Rianto. “Hampir 70% biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk transportasi.” Transportasi yang terdiri dari darat, laut dan udara ini dianggap masih menjadi musuh utama. Saat ini unsur transportrasi yang sudah establish adalah darat, berdasarkan jumlah jalan dan alat angkutnya. Namun ironisnya, ketika darat berhenti dan harus melalui laut, infrastruktur transportasi air ini belum kuat. Padahal, Indonesia terdiri dari kepulauan yang didominasi oleh laut. “Makanya, kita harus ubah paradigma menjadi maritime base logistik ,” jelasnya. Apalagi, mengembangkan infrastruktur laut jauh lebih murah.