Cetak Biru Sistem Logistik Nasional Rampung Oktober 2009


Jakarta - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu memastikan cetak biru sistem logistik nasional akan rampung sebelum pemerintahan sekarang ini berakhir. 
Cetak biru sistem logistik nasional ini diharapkan bisa menjadi acuan pengelolaan sistem distribusi barang dan jasa di dalam negeri agar lebih efisien, efektif yang berdampak pada daya saing ekspor Indonesia di pasar internasional.
"Blue print-nya sedang dikerjakan, mudahan- mudahan bisa selesai sebelum Oktober (masa pemerintahan berakhir)," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu disela-sela acara peresmian fasilitas cranes baru di JICT Tanjung Priok, Rabu (27/5/2009).
Menurut Mari, cetak biru sistem logistik nasional sudah lama dibahas, namun akhirnya sekarang ini sudah mendekati tahap finalisasi akhir. Cetak biru ini lanjut Mari merupakan upaya pembenahan dari sisi regulasi selain dari sisi infrastruktur sistem logistik yang selama ini dinilai tidak efisien dan efektif sehingga mempengaruhi daya saing barang termasuk untuk pasar ekspor.
"Marilah kita membenahi masalah yang dihadapi apa itu equipment maupun peraturan," katanya.
Ia mencontohkan pembenahan dalam cetak biru tersebut meliputi perbaikan layanan di tingkat pelabuhan ekspor impor. Terlebih lagi saat ini sudah diterapkannya sistem registrasi pelabuhan yang terintegrasi yaitu National Single Window (NSW).
"Ini menjadi pekerjaan rumah 1 sampai 2 tahun kedepan untuk berbenah diri," ujarnya.
Source: http://finance.detik.com/read/2009/05/27/132942/1137964/4/cetak-biru-sistem-logistik-nasional-rampung-oktober-2009

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Logistik Sangat Kompleks

Analisis Lokasi Pengembangan dan Pembangunan Pelabuhan Di Indonesia berdasarkan Planning and Market Get A Way

10 Perusahaan Pelayaran Pengiriman Container Terbesar di Dunia