Distribusi Logistik Butuh Konektivitas Pelabuhan


Untuk mendukung kelancaran distribusi logistik, konsep konektivitas pelabuhan dianggap menjadi hal terpenting untuk direalisasikan.
“Indonesia tengah membangun konektivitas dan sinergi antara pelabuhan dan area industri (hinterland) yang efisien bagi kegiatan ekspor-impor dan distribusi domestik nasional,” ujar Benny Woenardi, Managing Director Cikarang Inland Port dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/10/2013).
Menurut Benny, Masyarakat terbuka ASEAN yang akan dimulai pada 2015 juga akan menjadi perhatian penting, apakah pelabuhan kita sudah siap atau belum.
Ia menambahkan, pelabuhan yang punya lalulintas yang lancar, maka pasokan logistik dan rantai pasok (supply chain) juga bisa lebih efisien. Kondisi ini akan meningkatkan daya saing produk-produk dalam negeri.
Ia memberi contoh, Cikarang Inland Port sebagai pengelola proyek Cikarang Dry Port bisa membantu mengurangi waktu tunggu barang peti kemas (dwelling time) di Indonesia, sehingga perdagangan internasional bisa menggeliat.
“Pengembangan Dry Port sejalan dengan perkembangan Dry Port di Asia Pacific, tahun ini akan ada perjanjian antar pemerintah yang akan ditandatangani di tingkat menteri se-Asia Pacific,” ungkap Benny.TRIBUNNEWS.COM

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Logistik Sangat Kompleks

Analisis Lokasi Pengembangan dan Pembangunan Pelabuhan Di Indonesia berdasarkan Planning and Market Get A Way

10 Perusahaan Pelayaran Pengiriman Container Terbesar di Dunia