Pembangunan Dermaga Pelabuhan Jayapura Telan Rp 120 M

JAYAPURA-Pembangunan dermaga Pelabuhan Jayapura yang saat ini mulai dikerjakan, diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp 120 Miliar. Dana sebesar Rp 120 Miliar tersebut menurut General Manager PT. Pelindo IV (Persero) Cabang Jayapura, Rayar Habel, untuk perpanjangan dermaga sepanjang 100 meter dan peningkatan sarana bongkar muat kapal. “Jadi sejak Tahun 1993 tidak pernah dilakukan pembangunan dermaga baru dan baru tahun ini dilaksanakan dengan melakukan penambahan dermaga sepanjang 100 meter. 
 Dana yang dibutuhkan sekitar Rp 120 M, dimana Rp 100 M dari dana internal PT. Pelindo dan Rp 20 Miliar dari APBN,” jelasnya saat ditemui Cenderawasih Pos di ruang kerjanya, Jumat (17/6). Diungkapkan, pembangunan dermaga Pelabuhan jayapura serta peningkatan fasilitas bongkar muat mendapat dukungan penuh dari Ondoafi di Koata Jayapura. Disamping itu, dukungan dari Pemprov Papua juga sangat diharapkan untuk peningkatan kapasitas Pelabuhan Jayapura yang diharapkan bisa beroperasi pada Januari 2012. “Kedepan dermaga ini direncanakan diberi nama Dermaga Peti Kemas Port Numbay,” ungkapnya. 

    Secara terpisah, Manager Tehnik PT. Pelindo (Persero) IV Cabang Jayapura, Anton Efendi mengungkapkan bahwa kontrak pembangunan dermaga ini telah ditandatangani 11 April lalu dan direncanakan pembangunannya mulai dilakukan pada awal Juli. “Sampai saat ini kami masih menunggu pengiriman atau pengadaan barang-barang material serta alat-alat dari Manado,” jelasnya.
    Untuk penambahan dermaga tersebut, menurut Anton dibutuhkan sekitar 240 tiang pancang. Apbila pembangunan dermaga ini nanti berjalan dengan lancar, diperkirakan pada awal tahun 2012 dermaga tersebut sudah dapat dioperasikan.
“Pembangunan dermaga ini akan menghabiskan 35 miliyar untuk 60 meter yang dibangun PT.Pelindo jadi masih ada sekitar Rp 65 Miliyar lagi. Maka yang sisanya nantinya Rp 65 miliyar akan dibeli alat-alat mempercepat bongkar muat conteiner yaitu conteiner crane 1 unit dan trans tainer 1 unit,” tambahnya.

Secara terpisah Kepala Administrator Pelabuhan Jayapura,  Paulus Mailoa, SH, menyebutkan bahwa anggaran sebesar Rp 20 Miliar yang bersumber dari APBN nantinya untuk membangun dermaga sepanjang 40 meter. Ia berharap penambahan panjang dermaga dan peningkatan fasilitas bongkar muat ini bisa berjalan dengan lancar, sehingga aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Jayapura juga bisa lebih baik. (ro/nat)
Sumber: http://www.cenderawasihpos.com/index.php?mib=berita.detail&id=1566

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Logistik Sangat Kompleks

Analisis Lokasi Pengembangan dan Pembangunan Pelabuhan Di Indonesia berdasarkan Planning and Market Get A Way

10 Perusahaan Pelayaran Pengiriman Container Terbesar di Dunia