Sorong akan Punya Pelabuhan Besar, Kalahkan Tanjung Perak Surabaya


Jakarta - Sorong, Papua bakal memiliki pelabuhan laut skala besar yang bisa menampung kapal-kapal berkapasitas 3000 kontainer karena memiliki kedalaman laut. Jika ini terealisasi, maka Pelabuhan Sorong akan mengalahkan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya Jawa Timur.

"Proyek BUMN yang besar lagi ada pelabuhan di Sorong, pelabuhan kontainer namanya. Itu belum ada sebelumnya, itu dibangun sama besar dengan pelabuhan di Makassar," ungkap Menteri BUMN Dahlan Iskan di Wamena Papua, Rabu (1/8/2012).
Dahlan menjelaskan, megaproyek pembangunan pelabuhan Sorong tersebut nantinya akan mampu menampung kapal berukuran besar.


"Itu tidak maen-maen, bisa dimasuki kapal yang bisa membawa 3000 kontainer. Pelabuhan di Surabaya (Tanjung Perak) sekarang ini yang besar itu, baru bisa dimasuki kapal 1300," tambahnya.
Pembangun pelabuhan yang ditargetkan selesai pada awal tahun 2014 ini menurut Dahlan bisa memangkas biaya logistik yang tinggi untuk pengiriman barang ke Papua.

"Sekarang kirim barang dari Jakarta ke Sorong, satu satu kontainer itu bayarnya Rp 12 juta. Nanti kalau pelabuhan kontainer itu sudah jadi, satu kontainer ongkos kirimnya tinggal Rp 6 juta," katanya.
Pelabuhan yang nantinya akan dikelola oleh PT Pelindo II dan PT Pelindo IV juga akan melibatkan pihak swasta. Menurut Dahlan akan menjadi infrastruktur penting pendukung perekonomian Papua.
"Jadi kalau ada ekspor dari Papua tidak lagi lewat Surabaya bisa Sorong langsung ke Hongkong atau ke Shanghai," tutup Dahlan.

Source: http://finance.detik.com/read/2012/08/01/174520/1980707/4/sorong-akan-punya-pelabuhan-besar-kalahkan-tanjung-perak-surabaya

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Logistik Sangat Kompleks

Analisis Lokasi Pengembangan dan Pembangunan Pelabuhan Di Indonesia berdasarkan Planning and Market Get A Way

10 Perusahaan Pelayaran Pengiriman Container Terbesar di Dunia