Biaya logistik ke Papua bisa dipangkas USD 350


Realisasi pembentukan PT Peti Kemas Indonesia ditunggu-tunggu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Alasannya, perusahaan tersebut dihadirkan untuk efisiensi biaya logistik dan distribusi barang ke berbagai daerah di Indonesia.
PT Pelindo II yang diberi tanggung jawab membentuk PT Peti Kemas Indonesia mengklaim sudah melakukan berbagai upaya dan persiapan. DIrut PT Pelindo II Richard J Lino menyebutkan, infrastruktur untuk kebutuhan PT Peti Kemas Indonesia sudah dipersiapkan. Pihaknya melibatkan PT Pelindo I dan III.
"Segi bisnis sudah dalam proses menjadi paralel (koordinasi antar Pelindo)" ungkap Richard di kantor Kementerian BUMN, Jumat (7/9).
Dia meyakini, jika PT Peti Kemas sudah mulai beroperasi, banyak manfaat ekonomi yang bisa diambil. Khususnya pada sisi biaya logistik dan distribusi barang yang bakal lebih murah.

Tingginya biaya logistik dari Jakarta ke Papua bisa ditekan cukup signifikan. Richard mengaku telah melakukan simulasi awal untuk memastikan hal itu. "Kalau anda kirim barang ke Sorong dari Jakarta itu (biaya) kontainernya sebesar USD 2.000, nanti kalau PT Peti Kemas jadi, bisa turun USD 350," tegasnya.
Sebelumnya, PT Peti Kemas Indonesia yang akan buat PT Pelindo, bakal bekerja sama dengan pelabuhan peti kemas di Indonesia seperti di Batam, Jakarta, Surabaya, Makasar. Pelindo akan memiliki saham terbesar dari perusahaan tersebut. Nantinya, pemegang saham adalah seluruh perusahaan negara yang mengelola pelabuhan mulai Pelindo I sampai IV.
Menteri BUMN Dahlan Iskan mendesak proyek ini diselesaikan dengan segera dan tidak boleh ditunda. "Ini harus segera, karena kalau tidak tanda tangan juga tidak akan terwujud, jadi saya tunggu akte sama neraca pembukaannya," tegas Dahlan.
http://www.merdeka.com/uang/biaya-logistik-ke-papua-bisa-dipangkas-usd-350.html

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Logistik Sangat Kompleks

Analisis Lokasi Pengembangan dan Pembangunan Pelabuhan Di Indonesia berdasarkan Planning and Market Get A Way

10 Perusahaan Pelayaran Pengiriman Container Terbesar di Dunia