Jepang Bantu Indonesia Miliki Sistim Logistik yang Efisien

Tokyo – Pemerintah Jepang setuju untuk membantu Indonesia dalam hal efisiensi sistem logistik dan distribusi di Tanah Air melalui program pelatihan baik untuk petugas di lingkungan pemerintah maupun pelaku usaha.
Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, Yukio Edano, di Tokyo, Senin (8/10/2012), menegaskan pihaknya telah sepakat dengan pemerintah Indonesia untuk menggelar dialog rutin terkait kebijakan dalam hal distribusi dan logistik.

“Kami juga setuju untuk menggelar program pelatihan untuk petugas di lingkungan pemerintah Indonesia maupun pelaku usaha terkait sektor distribusi dan logistik,” katanya dalam forum 4th Indonesia-Japan Joint Economic Forum (IJ-JEF).
Pada kesempatan itu Indonesia diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, yang membawa delegasi terdiri atas Menteri Perindustrian, MS Hidayat, Duta Besar RI Muhammad Lutfi, dan para pejabat dari berbagai kementerian.
Edano menambahkan, pertemuan itu pada tahap awal telah mencapai kesepakatan di antaranya kedua pihak setuju untuk meningkatkan regulasi dalam hal distribusi dan logistik di Indonesia.
“Kedua pihak juga sepakat tentang perlunya saling fokus menuju masterplan ASEAN Connectivity dengan kerja sama yang erat bersama swasta,” katanya.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Hatta Rajasa, mengatakan, Indonesia berjanji untuk meningkatkan regulasi sistem logistik dan distribusi.
“Kami menyadari bahwa sistem logistik dan distribusi merupakan faktor utama dalam dunia usaha sehingga sudah saatnya mengefisiensikan logistik kita, apakah nanti melalui perluasan Pelabuhan Tanjung Priok atau pembangunan Cilamaya. Nanti akan segera kita tindak lanjuti,” katanya.

Dalam forum itu juga Hatta berharap Jepang dapat meningkatkan nilai investasinya di Indonesia dalam berbagai sektor.
“Jika dulu ada gelombang pertama lonjakan investasi di Indonesia dengan Jepang sebagai motor penggerak investasi terbesar, saya berharap akan ada gelombang ketiga di mana Jepang meningkatkan investasinya di Indonesia,” katanya.
Pihaknya mencatat volume perdagangan antara Indonesia-Jepang pada periode Januari-Juli 2012 sebesar us$ 32,50 miliar atau meningkat 6,35% dibandingkan periode yang sama pada 2011 yaitu sebesar us$ 30,56 miliar.

Di bidang investasi, pihaknya mencatat pada 2011 total investasi Jepang ke Indonesia sebesar US$ 1,5 miliar dengan 468 proyek.
“Untuk periode 3 bulan pertama di 2012 Januari-Maret, saya sangat gembira karena investasi Jepang telah tercatat sebesar 2,86 miliar dolar AS untuk 870 proyek,” kata Hatta. (SPC-15/Ant)
http://suarapengusaha.com/2012/10/08/jepang-bantu-indonesia-milikpunya-sistim-logistik-yang-efisien/


Comments

Popular posts from this blog

Masalah Logistik Sangat Kompleks

Analisis Lokasi Pengembangan dan Pembangunan Pelabuhan Di Indonesia berdasarkan Planning and Market Get A Way

10 Perusahaan Pelayaran Pengiriman Container Terbesar di Dunia