Area Pelabuhan Jayapura Kian Sempit

JAYAPURA [PAPOS] —Jelang perayaan Natal dan pergantian Tahun Baru 2013 proses bongkar muat  di Pelabuhan Jayapura frekuensi semakin tinggi. Setelah  beroperasinya Container Crane (CC) sejak 8 Desember 2012, namun  satu masalah lagi masih tersisa dan menjadi penghambat yang cukup menganggu saat ini yaitu luasan area pelabuhan semakin sempit.

Masalah tersebut adalah akibat keterbatasan lahan pelabuhan untuk menampung Box Container. Apalagi disaat menjelang perayaan Natal 2012 dan menyambut malam Tahun Baru 2013 dimana arus pengiriman barang semakin  tinggi.“Biasa di Bulan Desember seperti ini dalam sebulan dari Kapal yang datang bisa mencapai 5 ribu hingga 7 ribu Box, sedangkan lahan kita hanya seluas 1,8 Hektar dari idealnya 3 Hektar,” kata Habel Rayar, Kepala PT. Pelindo Jayapura ketika ditemui Papua Pos Rabu (12/12) pagi kemarin. Dari luas lahan tersebut, jelasnya  kembali  maksimal kapasitas pelabuhan Jayapura bisa menampung hingga 3.500 box saja. 


Padahal saat ini dengan CC yang baru kemampuan bongkar muat barang di Pelabuhan sudah meningkat drastis lebih dari 100 persen lebih. Karena  jumlah kontener pada bulan-bulan biasa hanya 4000 box.
Kata Habel agar arus contener bisa terlayani dengan baik dan lancar pihaknya menggunakan Crain milik Kapal yang hanya bisa melakukan bongkar muat sebanyak 8 box dalam 1 Jam.
Saat ini dengan adanya CC baru waktu yang dibutuhkan untuk mengangkut 1 ox adalah 1 Menit 36 Detik.  Dan dahulu 1 kapal yang membawa 400 box kita harus bongkar selama 3-4 hari.
“Sekarang sudah bisa teralayani dengan cepat  1-2 hari sudah bisa di bongkar.” imbuhnya. [dhy] http://www.papuapos.com/index.php/seputar-jayapura/port-numbay/item/505-area-pelabuhan-jayapura-kian-sempit

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Logistik Sangat Kompleks

Analisis Lokasi Pengembangan dan Pembangunan Pelabuhan Di Indonesia berdasarkan Planning and Market Get A Way

10 Perusahaan Pelayaran Pengiriman Container Terbesar di Dunia