Boediono Minta BUMN Ikut Bereskan Masalah Logistik

Jakarta -Wakil Presiden Boediono meminta peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membenahi masalah logistik nasional. Selama ini sistem logistik Indonesia belum mampu mengintegrasikan secara efisien ekonomi nasional.
"Oleh sebab itu menteri BUMN saya harapkan bisa melihat tema-tema besar apa yang bisa dilakukan. Untuk meningkatkan kapasitas logistik nasional. BUMN kita perlu mobilisasikan dari pada diarahkan untuk sepotong-sepotong proyek investasi yang mungkin tak bermuara pada tema besar yang mempunyai manfaat besar lebih baik bersama-sama," kata Boediono di acara Indonesia Logistics Summit (ILS) 2011 di JCC, Jakarta, Kamis (10/11/2011)
Boediono mengatakan masalah logistik tidak banyak yang bisa dibahas lagi. Namun yang paling penting adalah aksi nyata. Boediono menyatakan ada tiga hal yang menjadi prioritas dalam masalah logistik yaitu konektivitas domestik, integrasi dari ekonomi nasional dan semangat win-win solution pemerintah dan dunia usaha.

Dikatakannya masalah konektivitas domestik masih banyak yang bolong-bolong yang mengakibatkan adanya ketimpangan yang akhirnya membawa ekonomi Indonesia terpotong-potong. Boediono mencontohkan biaya pengiriman satu kontainer dari satu tempat di Tanah Air, biayanya ternyata 2-3 kali lipat jika mengirim ke luar negeri.

"Integrasi ekonomi nasional, dengan sistem logistik yang efisien menjangkau semua bagian ekonomi kita akan semakin terintegrasi contohnya, manfaatnya Papua tidak harus membayar Rp 1,2 juta untuk satu sak semen dibandingkan dengan Jakarta Rp 70-80.000 per sak," katanya.

Menurut Boediono tingginya harga di Papua berlaku untuk macam-macam barang yang menimbulkan masalah kesejahteraan, termasuk masyarakat Indonesia yang tingggal jauh dari pusat. Untuk itu caranya mengintegrasikannya dengan meningkatkan efisiensi dan jangkauan sistem logistik dalam negeri.

"Pemerintah pusat, daerah BUMN, pelaku usaha kerjasama untuk membangun logistik yang baik win-win solution," katanya.

(hen/dnl)

Sumber: http://finance.detik.com/read/2011/11/10/173944/1764874/4/boediono-minta-bumn-ikut-bereskan-masalah-logistik 

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Logistik Sangat Kompleks

Analisis Lokasi Pengembangan dan Pembangunan Pelabuhan Di Indonesia berdasarkan Planning and Market Get A Way

10 Perusahaan Pelayaran Pengiriman Container Terbesar di Dunia