Kapal Kontainer Terbesar di Dunia Diluncurkan di Belgia

Brussel (AFP/ANTARA) - Marco Polo, yang mengibarkan bendera Inggris dan disebut sebagai kapal kontainer terbesar di dunia oleh pemilik CMA CGM Prancis, diluncurkan dengan pemecahan botol sampanye di pelabuhan Belgia Zeebrugge pada Selasa.

“Ekspedisi Marco Polo ke Asia membuat kita bermimpi sejak 700 tahun yang lalu. Hari ini kita memiliki hubungan baru dengan benua itu,” kata presiden pelabuhan Joachim Coens, yang dikutip oleh kantor berita Belga.
Kapal itu, yang panjangnya 396 meter – setara dengan empat lapangan sepak bola - dibuat di Korea Selatan dan akan kembali ke Asia setelah berhenti di Prancis.

Kapal itu merupakan kontainer terbesar di dunia berdasarkan ukuran kapasitasnya, karena dapat menampung 16.020 TEU (unit kontainer sepanjang 20 kaki) - atau 97 kilometer kontainer jika dibariskan satu per satu.
CMA CGM akan melakukan dua pengiriman dengan tonase yang sama tersebut pada musim semi mendatang dan masing-masing seharga 150 juta euro (sekitar Rp1,91 triliun) dan 200 juta euro (sekitar Rp2,55 triliun).(kn/ik)
http://berita.plasa.msn.com/internasional/antara/kapal-kontainer-terbesar-di-dunia-diluncurkan-di-belgia

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Logistik Sangat Kompleks

Analisis Lokasi Pengembangan dan Pembangunan Pelabuhan Di Indonesia berdasarkan Planning and Market Get A Way

10 Perusahaan Pelayaran Pengiriman Container Terbesar di Dunia