Rute Distribusi Logistik di Tanah Papua

Konsep Pulau Biak sebagai kota jasa di Tanah Papua, sangat strategis karena pulau tersebut terletak di wilayah pasifik sehingga letak geografis tersebut membuat pulau biak sangat memungkinkan untuk dijadikan pusat distribusi logistik ke seluruh wilayah Papua lainnya, baik melalui transportasi laut maupun transportasi udara seperti halnya Singapura.

Pulau Biak pada saat perang dunia ke II digunakan oleh Jepang dan Amerika serikat sebagai pangkalan militernya, karena pulau tsb sangat strategis dari sisi geografisnya, untuk itu memasuki era perdagangan Asia Pacific tahun 2020 mendatang, P'Biak bisa dijadikan MidPoint Logistic untuk export dan import barang2 dari wilayah AS dan Pacific.

Kabupaten Biak Numfor merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua, terdiri dari 2 (dua) pulau kecil yaitu pulau Biak dan pulau Numfor Kabupaten ini merupakan gugusan pulau yang berada di sebelah utara daratan papua dan berseberangan langsung dengan Samudera Pasifik. Luas keseluruhan Kabupaten Biak Numfor 15.124 km2 yang terdiri dari luas daratan 2.602 km2 dan luas lautan 12.522 km2. Posisi ini menjadikan Kabupaten Biak Numfor sebagai salah satu tempat yang strategis dan penting untuk berhubungan dengan dunia luar terutama negara-negara di kawasan Pasifik, Australia atau Philipina. Letak geografis ini memberikan kenyataan bahwa posisinya sangat strategis untuk membangun kawasan industri, Kabupaten Biak Numfor terletak di Teluk Cenderawasih pada titik 0º55` - 1º27` LS dan 134º47` - 136º48` BT dengan ketinggian 0 - 1000 meter diatas permukaan laut. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik di sebelah utara dan timur, di sebelah selatan berbatasan dengan selat Yapen, di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Supiori.

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Logistik Sangat Kompleks

Analisis Lokasi Pengembangan dan Pembangunan Pelabuhan Di Indonesia berdasarkan Planning and Market Get A Way

10 Perusahaan Pelayaran Pengiriman Container Terbesar di Dunia