Posts

1 Sak Semen di Papua Rp 1 Juta, Ini Jurus Pemerintah

Jakarta - Konektivitas antar pulau di Indonesia bagian timur masih menjadi masalah yang pelik. Penyaluran logistik ke daerah-daerah lambat. Pemerintah punya jurus baru. Apa itu? "Ada rencana penambahan 1.000 kapal," kata Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faisal Zaini saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Supiori, Papua, awal pekan ini. Menurut Helmy, angkutan di Indonesia Timur yang belum layak itu menimbulkan beberapa dampak. Salah satunya harga bahan logistik yang mahalnya luar biasa dibandingkan wilayah lain di Indonesia. Seperti semen di Papua yang harganya Rp 1 juta per sak. "Harga semen satu sak di Jawa Rp 40 ribu, di Papua Rp 300 ribu, Rp 500 ribu, bahkan sampai Rp 1 juta," imbuh Helmy.

Biaya logistik ke Papua bisa dipangkas USD 350

Image
Realisasi pembentukan PT Peti Kemas Indonesia ditunggu-tunggu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Alasannya, perusahaan tersebut dihadirkan untuk efisiensi biaya logistik dan distribusi barang ke berbagai daerah di Indonesia. PT Pelindo II yang diberi tanggung jawab membentuk PT Peti Kemas Indonesia mengklaim sudah melakukan berbagai upaya dan persiapan. DIrut PT Pelindo II Richard J Lino menyebutkan, infrastruktur untuk kebutuhan PT Peti Kemas Indonesia sudah dipersiapkan. Pihaknya melibatkan PT Pelindo I dan III. "Segi bisnis sudah dalam proses menjadi paralel (koordinasi antar Pelindo)" ungkap Richard di kantor Kementerian BUMN, Jumat (7/9). Dia meyakini, jika PT Peti Kemas sudah mulai beroperasi, banyak manfaat ekonomi yang bisa diambil. Khususnya pada sisi biaya logistik dan distribusi barang yang bakal lebih murah.

September Depan, Pelabuhan Kalibaru Mulai Dibangun

Image
TEMPO.CO , Jakarta: Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II, Richard Joost Lino, memastikan Pelabuhan Kalibaru akan mulai dibangun pada September 2012 mendatang. Menurut Lino, izin pembangunan pelabuhan akan terbit pada akhir Agustus ini. “Jadi pada September ijin sudah selesai dan bisa mulai dibangun,” katanya di Pelabuhan Tanjung Priok,  Kamis 16 Agustus 2012. Menurut Lino, pembangunan Pelabuhan Kalibaru akan memakan waktu selama empat tahun. Pada 2014, salah satu pelabuhan sudah selesai dan bisa dipergunakan. Pelabuhan Kalibaru nantinya akan memiliki lima terminal yang terdiri dari tiga terminal kontainer dan dua terminal untuk bahan bakar minyak. “Yang selesai paling dulu adalah terminal kontainer,” kata Lino.  Pelabuhan Kalibaru, menurut Lino, memang tidak didesain untuk angkutan penumpang. “Semua terminal untuk penumpang akan dialihkan ke Pelabuhan Ancol, termasuk terminal penumpang yang ada di Tanjung Priok sekarang ini,” katanya. Pelindo mengaku masih menunggu keput

Sorong akan Punya Pelabuhan Besar, Kalahkan Tanjung Perak Surabaya

Image
Jakarta - Sorong, Papua bakal memiliki pelabuhan laut skala besar yang bisa menampung kapal-kapal berkapasitas 3000 kontainer karena memiliki kedalaman laut. Jika ini terealisasi, maka Pelabuhan Sorong akan mengalahkan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya Jawa Timur. "Proyek BUMN yang besar lagi ada pelabuhan di Sorong, pelabuhan kontainer namanya. Itu belum ada sebelumnya, itu dibangun sama besar dengan pelabuhan di Makassar," ungkap Menteri BUMN Dahlan Iskan di Wamena Papua, Rabu (1/8/2012). Dahlan menjelaskan, megaproyek pembangunan pelabuhan Sorong tersebut nantinya akan mampu menampung kapal berukuran besar.

Sislognas Prioritas Utama Pemerintah

Image
Jakarta —  Konektivitas dalam pengembangan Sistem Logistik Nasional (Sislognas) merupakan salah satu sektor prioritas pemerintah agar permasalahan logistik yang dapat mengganggu kelancaran arus barang dapat terselesaikan pada 2015. “Saat ini diperlukan kerja sama antardaerah dalam membangun konektivitas antarwilayah terutama untuk peningkatan daya saing, pengembangan pasar lokal serta penguatan ekspor dengan penambahan segmentasi pasar. Strategi kita adalah bagaimana mendorong perdagangan nasional dengan mengamankan produk dalam negeri,” kata Deputi Menko Perekonomian, Edy Putra Irawady, di Jakarta, Senin (23/7).  Edy menyatakan hingga 2014, sasaran pengembangan Sislognas difokuskan pada penguatan sistem logistik domestik dengan meletakkan dasar yang kokoh bagi terwujudnya sistem yang efektif dan efisien dalam mencapai “locally integrated”.

Tekan Biaya Angkutan Laut dengan Sistem "NUSANTARA PENDULUM"

Image
Jakarta - Merespon banyaknya keluhan mahalnya biaya-biaya angkut logistik yang menyebabkan harga logistik jauh lebih mahal di daerah-daerah khususnya Indonesia Timur, maka Pemerintah akan membuat  sistem yang dinamakan “Nusantara Pendulum” sebagai Indonesia International Gateway untuk memperkuat angkutan laut sehingga dapat memperbaiki angkutan domestik yang ada selama ini.     Menurut Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, Sistem Nusantara Pendulum tersebut nantinya akan menjadi satu servisis yang akan bergerak di enam pelabuhan utama yakni Jakarta, Batam, Surabaya, Makassar, Belawan, dan Sorong yang nantinya akan dibuatkan satu rute terjadwal dan lainnya mengikuti sepeti sub-sub sistem yang terintegrasi.

Memulai Bisnis Mainan

Banyak yang ingin memulai bisnis mainan anak namun bingung bagaimana memulainya berikut adalah tips-tips sederhana dari kami : Mau memulai usaha mainan bagaimana ? Untuk memulai usaha Mainan kita mulai dari tekad kita. Bahwa ini ini bukan sekedar bisnis tapi ini adalah pilihan yang akan mempengaruhi masa depan banyak anak-anak di wilayah tempat kita menjual. Semua mulai dari kita, apakah kita mencintai bisnis ini atau tidak. Cara mengukur niat kita sangat mudah, ajukan pertanyaan "Bila saya bangun pagi pukul 5 pagi untuk menjalankan bisnis ini apakah saya mau ?" bila jawabnya iya maka anda sudah berada di jalan yang tepat.