Posts

Pemerintah Harus Membenahi Enam Kendala Sislognas

Image
J AKARTA-Sekretarris Jenderal Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI)/Indonesian Logistic anda Forwarder Association (ILFA), Akbar Djohan mengatakan pemerintah perlu memperbaiki enam kendala utama dalam pelaksanaan sistem logistik nasional (Sislognas). Enam kendala tersebut yaitu komoditi, infrastruktur, pelaku dan penyedia jasa logistik, sumber daya manusia, teknologi informasi dan komunikasi dan regulasi.  “Parameter high cost logistic itu sampai 27%  dari produk domestic bruto [PDB], tinggi sekali. Tingginya biaya logistik selain masalah infrastruktur juga karena SDM birokrat belum sadar, mental dan awereness-nya serta regulasi juga tumpang tinding.  [Masalah] infrastruktur itu juga tanggung jawab pemerintah. 

Sorong Jadi Pusat Pelabuhan di Indonesia Timur

Image
PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) kini lebih fokus mengembangkan pelabuhan di wilayah Indonesia bagian Timur (IBT).  Tujuannya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengangkat potensi daerah sekaligus Pelabuhan Sorong menjadi tujuan akhir pembangunan jalur perhubungan laut antar pelabuhan di seluruh Indonesia. "Kini Pelindo II membangun jalur perhubungan laut antarpelabuhan  yang dimulai dari Pelabuhan Belawan di Sumatera, Pelabuhan di Batam dan pelabuhan yang terdapat di Jawa hingga Pelabuhan Sorong di Papua," papar CEO Pelindo II RJ Lino pada paparan di acara Ikatan Alumni (IKA) ITS Business Summit (IBS) 2012 di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (24/11/2012).  Diungkapkan jalur perhubungan laut antar pelabuhan ini, untuk menurunkan biaya logistik. Juga memajukan transportasi laut yang selama ini dirasakan masih sangat rendah. Padahal, Indonesia memiliki bentangan laut yang sangat luas, namun belum dimanfaatkan secara optimal.

KONSEP PENDULUM NUSANTARA DITERAPKAN MULAI 2014

Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan bersama operator pelabuhan akan mengusung konsep yang dinamakan pendulum nusantara untuk meningkatkan pelayaran nasional. Konsep ini ditargetkan akan diterapkan pada 2014. "Kami targetkan pendulum nusantara dapat beroperasi pada 2014, seiring itu kami harus siapkan enam pelabuhan yang akan dijadikan rute pendulum ini," jelas Menhub di Jakarta, Rabu (7/11/2012). Dalam konsep pendulum nusantara ini, nantinya pemerintah bersama para operator pelabuhan dan stakeholder lainnya akan menyediakan rute pelayaran sepanjang jalur barat-timur Indonesia yang beroperasi seperti pendulum. Direncanakan rutenya akan melewati enam pelabuhan utama, yakni Belawan, Jakarta, Surabaya, Batam, Makassar dan Sorong. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat menurunkan ongkos atau tarif pengiriman di Indonesia. (RDH) http://www.dephub.go.id/read/berita/direktorat-jenderal-perhubungan-laut/15226

Optimasi Penataan Ulang Barang di Gudang

Image
Gudang Bukan Hanya SEBAGAI Tempat ulasan untuk review menyimpan Barang. Gudang JUGA berfungsi hati Pengembangan Pengembangan strategi untuk review mencapai keunggulan melalui Kepuasan pelanggan. Pelanggan tentunya akan Senang manakala Barang Yang dibutuhknya Segera dikirimkan. Jangka Waktu Yang dikirimkan Sesuai DENGAN permintaan Negara Negara daripada pelanggan. Memperbaiki biaya kos hati gudang mensuplai Barang KE pelanggan Menjadi keunggulan Bagi Perusahaan. Pesanan 10 item yang Yang Barang, Hosono Dan Ryuichi Sakamoto Selalu TIDAK Lengkap. Ada saja Barang Yang Tak Bisa dipenuhi. Ketika Kami menanyakan, Maka Penanggung Jawab gudang mengemukakan Alasan gudangnya TIDAK Cukup untuk review Bisa memenuhi SEMUA pesanan pelanggan.  Penghasilan kena Pajak dilakukan Observasi digudang, didapatkan KESIMPULAN bahwa Masih Ada Ruang kosong digudang Yang DAPAT dioptimalkan ulasan untuk review Penempatan Barang.  Persoalan Yang Muncul Adalah bagaimana MEMBUAT perhitungan ulasan untuk re

Analisis Lokasi Pengembangan dan Pembangunan Pelabuhan Di Indonesia berdasarkan Planning and Market Get A Way

Image
Indonesia merupakan negara dengan perbandingan antara luas laut dan daratannya mencapai 3:1 oleh karena itu Indonesia disebut sebagai negara marintim dengan perairan sekitar 5,8 juta km2 atau dengan kata lain memuat 1,3 % dari luas perairan dunia. begitu luas perairan yang dimiliki membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi alur pelayaran Internasional. Maka dari itu Indonesia merupakan salah satu jalur transportasi laut Internasional yang banyak dilewati oleh kapal dari berbagai negara di dunia Selain itu, Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau dari sabang sampai merauke, sehingga salah satu alat transportasi yang penting adalah transportasi laut yaitu kapal. Seiring perkembangan industri dan kebutuhan akan transportasi khususnya transportasi laut baik domestik maupun Internasional di Indonesia semakin meningkat, maka tidak dapat dipungkiri semakin banyak jumlah kapal yang berpoperasi di wilayah Indonesia,tak hanya kapal domestik saja melainka

Jepang Bantu Indonesia Miliki Sistim Logistik yang Efisien

Image
Tokyo – Pemerintah Jepang setuju untuk membantu Indonesia dalam hal efisiensi sistem logistik dan distribusi di Tanah Air melalui program pelatihan baik untuk petugas di lingkungan pemerintah maupun pelaku usaha. Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, Yukio Edano, di Tokyo, Senin (8/10/2012), menegaskan pihaknya telah sepakat dengan pemerintah Indonesia untuk menggelar dialog rutin terkait kebijakan dalam hal distribusi dan logistik. “Kami juga setuju untuk menggelar program pelatihan untuk petugas di lingkungan pemerintah Indonesia maupun pelaku usaha terkait sektor distribusi dan logistik,” katanya dalam forum 4th Indonesia-Japan Joint Economic Forum (IJ-JEF). Pada kesempatan itu Indonesia diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, yang membawa delegasi terdiri atas Menteri Perindustrian, MS Hidayat, Duta Besar RI Muhammad Lutfi, dan para pejabat dari berbagai kementerian. Edano menambahkan, pertemuan itu pada tahap awal telah mencap

1 Sak Semen di Papua Rp 1 Juta, Ini Jurus Pemerintah

Jakarta - Konektivitas antar pulau di Indonesia bagian timur masih menjadi masalah yang pelik. Penyaluran logistik ke daerah-daerah lambat. Pemerintah punya jurus baru. Apa itu? "Ada rencana penambahan 1.000 kapal," kata Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faisal Zaini saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Supiori, Papua, awal pekan ini. Menurut Helmy, angkutan di Indonesia Timur yang belum layak itu menimbulkan beberapa dampak. Salah satunya harga bahan logistik yang mahalnya luar biasa dibandingkan wilayah lain di Indonesia. Seperti semen di Papua yang harganya Rp 1 juta per sak. "Harga semen satu sak di Jawa Rp 40 ribu, di Papua Rp 300 ribu, Rp 500 ribu, bahkan sampai Rp 1 juta," imbuh Helmy.